Penanganan Infeksi Usus Secara Alami

Banyak orang yang menganggap biasa ketika mengalami diare, demam, dan sakit di bagian perut. Keluhan-keluhan seperti itu bisa jadi keluhan serius yang perlu segera diberikan solusinya. Salah satu kemungkinan jika mengalami keluhan-keluhan tersebut adalah terkena infeksi usus.
Anda mungkin tertarik untuk membaca materi MHO lainnya berjudul "Perut Keroncongan: Sakit atau Kelaparan?".
Infeksi usus adalah peradangan yang terjadi pada organ usus, baik usus kecil maupun usus besar (kolitis). Infeksi usus biasanya disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, bakteri, maupun parasit. Mikroorganisme tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan air yang dikonsumsi. Umumnya, infeksi usus dialami oleh orang-orang yang mempunyai pola makan yang buruk. Sering juga terjadi pada anak-anak, terutama pada tingkat usia yang belum memahami kebersihan makanan.

Apa Saja Penyebab Infeksi Usus?

Resiko terkena infeksi usus akan semakin tinggi karena faktor-faktor berikut:
  1. Tidak menjaga kebersihan.
  2. Sering memakai fasilitas umum, tanpa memperhatikan kebersihannya. Misal: kolam renang, WC Umum.
  3. Lemahnya daya tahan tubuh terhadap organisme penyebab infeksi.
Adapun mikro organisme yang dapat menyebabkan infeksi pada usus, antara lain:
  1. Virus
    Jenis virus yang sering menyembabkan infeksi usus diantaranya: Rotavirus dan Norovirus. Rotavirus biasanya menyerang usia balita dan anak-anak.
  2. Bakteri
    Jenis bakteri yang menyebabkan infeksi usus di antaranya: E. coli, Clostridium perfringens, Salmonella, dan Shigella.
  3. Parasit
    Parasit yang sering menyebabkan infeksi usus adalah Giardia lamblia. Jenis parasit ini banyak dijumpai di air sungai, danau, ataupun kolam renang.

Bagaimana Gejala Infeksi Usus?

Beberapa gejala infeksi usus sering dianggap sepele oleh masyarakat, seperti perut terasa mulas dan diare atau muntah terus menurus. Gejala yang muncul dari infeksi usus bisa berbeda-beda tegantung dari mikro organisme penyebabnya.
Beberapa gejala infeksi usus, baik yang terjadi di usus kecil maupun usus besar, antara lain:
  1. Nyeri atau kram perut.
  2. Diare. Biasanya, diare akibat virus berlangsung lebih singkat daripada diare akibat infeksi bakteri
  3. Mual dan muntah.
  4. Berat badan menurun. Penurunan berat badan ini akibat hilangnya nafsu makan dan masalah penyerapan di usus akibat infeksi.
  5. Demam. Demam atau naiknya suhu adalah tanda umum dari terjadinya peradangan atau infeksi.
Untuk kondisi infeksi yang lebih parah, dapat muncul gejala seperti mengalami muntah atau diare terus-menerus selama lebih dari 3 hari, terdapat darah pada feses, bahkan juga tidak buang air kecil dalam waktu lama.

Bagaimana Penanganan Infeksi Usus?

Dengan munculnya gejala-gejala yang telah disebutkan di atas (seperti diare dan muntah-muntah), maka salah satu efek yang terjadi jika terkena infeksi usus adalah dehidrasi. Sehingga perlu konsumsi air yang cukup, sesuai kondisi dan kebutuhan tubuh.
Selain itu, perlu juga dilakukan beberapa penanganan lain seperti menjaga kebersihan dan pola makan. Menghindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gula pasir, makanan banyak mengandung lemak, dan susu kemasan. Menghindari makanan-makanan instan, terutama untuk orang dengan aktifitas fisik yang rendah.

Bagaimana Solusi Infeksi Usus dengan Produk herbAttaubah?

Melihat penjelasan mengenai infeksi usus di atas, maka produk yang tepat adalah Madu Kuning Sehat Lambung. Di dalam produk tersebut terdapat herbal kunyit, temulawak, jahe dan kencur.
Kunyit berkhasiat untuk mengatasi mual, peradangan, diare. Temulawak berkhasiat untuk mengatasi infeksi bakteri dan anti radang. Jahe berkhasiat untuk mengatasi mual dan peradangan. Kencur berkhasiat untuk diare dan menyembuhkan luka. Sinergi dari herbal-herbal tersebut akan mengangkat dahak yang muncul akibat dari kondisi lembab dingin yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun.
Konsumsi Madu Kuning Sehat Lambung dengan diseduh dalam air hangat. Rutin diminum sebelum makan.

Konsultasi Kesehatan

Anda mempunyai keluhan yang sama atau keluhan kesehatan lainnya? Silakan konsultasikan langsung melalui grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online). Pendaftaran, cek di halaman MHO.
Atau langsung melalui WhatsApp dengan mengirimkan foto lidah dan keluhan ke 0813...
Penanganan Infeksi Usus Secara Alami dan postingan lain dalam materi MHO merupakan olahan dari materi yang disampaikan oleh Ust. Yudha dalam grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online) yang sudah berjalan sejak 2015. Perbedaan waktu penulisan oleh beliau dan waktu posting di blog ini memungkinkan adanya perbedaan solusi herbal jika ada produk-produk yang baru. Silakan bisa konsultasikan dengan tim kami.

Abu Kanz

Salah satu makhluk yang sedang mengemban amanah sebagai manusia di bumi-Nya

Tuliskan tanggapan Anda dengan kalimat yang jelas dan sopan

Lebih baru Lebih lama

Hubungi Kami