8/29/2017 12:00:00 AM
A+ A-

Tips Meredakan Batuk pada Anak dengan Herbal

Ketika anak terkena batuk, biasanya anak akan susah tidur dan susah makan. Sering juga diiringi dengan demam dan pilek. Dan tidak jarang, jika terjadi seperti ini, anak berubah menjadi manja. Ada cara mudah untuk mengatasi batuk yang terjadi pada anak ini. Biidznillah

Batuk Bersifat Dingin

Batuk yang bersifat dingin adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak. Batuk jenis ini akan mempengaruhi pernafasan dan anak biasanya mengalami gangguan tidur. Batuk yang bersifat dingin ini mengindikasikan tubuh dalam kondisi lemah dan kurang nutrisi.

Tindakan penanganan yang perlu dilakukan yaitu:

  1. Memanaskan; tujuannya adalah mengeluarkan dingin yang ada dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi kencur.
  2. Perbaikan nutrisi; dalam kondisi dingin, pemberian nutrisi yang tepat adalah nutrisi yang gampang diserap oleh tubuh. Salah satunya dengan memberikan susu kambing.

Adapun langkah-langkahnya adalah

  1. Ambil kencur satu ruas jari orang dewasa, potong kecil-kecil, rendam dan tutup di dalam air panas ± 120ml. Setelah hangat, gunakan untuk menyeduh susu kambing sebanyak 1 sachet. Diminumkan sesering mungkin. Apabila anak susah makan, buatlah bubur Susu Kambing Etawa dan kencur. Caranya sama, hanya saja kencurnya diparud campurkan susu kambing 1 sachet dan aduklah hingga rata sampai menjadi bubur.
  1. Parud bawang merah dan balurkan pada punggung dan taruh pada ubun-ubun.
  2. Pastikan anak banyak minum air hangat.
  3. Dan untuk membantu tidur anak, berikan 3x sehari campuran 1 kapsul habbat dan 1 SDM Cuka Apel Sinergi
  1. Jemur di pagi hari, terutama daerah punggung. Dan usahakan bagian kepala terlindungi dari sinar matahari.

Batuk Bersifat Panas

Batuk yang bersifat panas disebabkan adanya virus di dalam tubuh. Batuk jenis ini akan disertai dengan demam dan pilek.

Adapun tindakan yang harus dilakukan dalam penanganan batuk jenis ini adalah:

  1. Menurunkan panas; tindakan menurunkan panas akan membantu meredakan pilek.
  2. Mengeluarkan lendir dan virus

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah:

  1. Ambil daun dadap, lalu remas-remas, masukkan dalam air. Kompres anak dengan daun dadap tersebut, segera ganti jika daun sudah kering.
  2. Untuk mengeluarkan dahak, parud kencur dan bawang merah. Balurkan pada dada dan punggung. Balurkan juga di leher jika tenggorokan terasa gatal.
  3. Sedangkan untuk mengeluarkan virus, minum herbal Kapsul Spirulina, Temulawak, Kunyit, Pegagan. Campur herbal-herbal tersebut tanpa air, konsumsi 1 SDM. Herbal-herbal tersebut sudah ada dalam produk Attaubah Spirulinakids

Konsultasi Kesehatan

Anda mempunyai keluhan yang sama atau keluhan kesehatan lainnya? Silakan konsultasikan langsung melalui grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online). Pendaftaran, cek di halaman MHO.

Atau langsung melalui WhatsApp dengan mengirimkan foto lidah dan keluhan ke 08138...

"Tips Meredakan Batuk pada Anak dengan Herbal" dan postingan lain dalam MHO merupakan olahan dari materi yang disampaikan oleh Ust. Yudha dalam grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online) yang sudah berjalan sejak 2015. Perbedaan waktu penulisan oleh beliau dan waktu posting memungkinkan adanya perbedaan solusi herbal jika ada produk-produk yang baru. Silakan bisa konsultasikan dengan tim kami.
[no_toc]
Ringkasan:
Materi Herbalis Online tentang solusi meredakan batuk pada anak dengan herbal