Ramadan Sehat

Pada bulan Ramadan, tubuh kita mengalami perubahan yang terjadi karena adanya perbedaan pola makan dibandingkan pada bulan-bulan lain. Sehingga kita perlu menyiapkan supaya kesehatan tetap terjaga.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Selama Ramadan?

Secara umum, kesehatan dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu:
  1. Nutrisi
    Semua jenis nutrisi berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Beberapa nutri yang penting diantaranya: protein, kalsium, vitamin, omega 3, zat besi. Namun, asupan nutrisi harus tetap memperhatikan kebutuhan tubuh seperti: aktivitas yang akan dilakukan, aktivitas fisik atau psikis yang berkaitan dengan otak atau berfikir.
  2. Energi
    Energi sebagai hasil dari pengolahan nutrisi sangat bergantung dari sumber nutrisi yang dikonsumsi. Energi yang dihasilkan harus seimbang sesuai dengan kebutuhan. Kurangnya energi akan membuat tubuh jadi lemas, bahkan mengantuk. Begitu juga jika energi yang berlebihan berlebih sehingga tidak terpakai, hal ini juga akan menimbulkan gangguan kesehatan.
  3. dan psikis
    Kondisi psikis menjadi faktor utama penyebab munculnya keluhan-keluhan kesehatan. Karena dari kondisi psikis yang tidak seimbang, asupan nutrisi yang masuk tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh.

Makanan yang Perlu Dihindari Selama Ramadan

Melihat hal tersebut di atas, maka sangat penting untuk menyeimbangkan jenis nutrisi. Ada beberapa makanan khas bulan Ramadan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tapi makanan tersebut tidak sesuai dengan kondisi tubuh ketika sedang berpuasa. Sehingga, makanan-makanan tersebut akan melemahkan tubuh.
Beberapa jenis makanan yang perlu dihindari antara lain:
  1. Es buah yang dicampur susu dan semua jenis olahan yang mencampurkan keduanya.
  2. Makan masakan panas dibarengi minum minuman dingin.
  3. Makan makanan yang dibakar dan berkuah secara bersamaan.
  4. Makanan dan minuman yang terlalu manis atau asin.
  5. Makanan yang bersifat kering seperti kerupuk.
  6. Makanan yang dihangatkan.
Makanan dan cara makan seperti di atas akan meningkatkan unsur lendir di dalam tubuh. Tingginya lendir akan meningkatkan terjadinya peradangan, tubuh lemas dan mengantuk.
Mengantuk dapat menyebabkan gangguan kesehatan apabila menjadikan tertidur pada waktu-waktu yang di larang, yaitu tidur setelah subuh dan ashar. Tidur pada kedua waktu tersebut akan menimbulkan gangguan pada limpa dan lambung. Tubuh akan semakin mudah sakit. Tubuh semakin malas beribadah.

Apa Solusi Sehat Selama Ramadan?

Selain memperhatikan hal-hal yang sudah disampaikan di atas. Sangat tepat untuk menunjang kesehatan tubuh selama Ramadan dengan mengkonsumsi Madu Kuning Sehat Lambung. Konsumsi produk tersebut ketika sahur (bangun tidur) dan ketika berbuka puasa.

Konsultasi Kesehatan

Anda mempunyai keluhan yang sama atau keluhan kesehatan lainnya? Silakan konsultasikan langsung melalui grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online). Pendaftaran, cek di halaman MHO.
Atau langsung melalui WhatsApp dengan mengirimkan foto lidah dan keluhan ke 0813...
Ramadan Sehat dan postingan lain dalam materi MHO merupakan olahan dari materi yang disampaikan oleh Ust. Yudha dalam grup WhatsApp MHO (Materi Herbalis Online) yang sudah berjalan sejak 2015. Perbedaan waktu penulisan oleh beliau dan waktu posting di blog ini memungkinkan adanya perbedaan solusi herbal jika ada produk-produk yang baru. Silakan bisa konsultasikan dengan tim kami.

Abu Kanz

Salah satu makhluk yang sedang mengemban amanah sebagai manusia di bumi-Nya

Tuliskan tanggapan Anda dengan kalimat yang jelas dan sopan

Lebih baru Lebih lama

Hubungi Kami